-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Alexander Barus: Kunci Sukses di Balik Keberhasilan PT IMIP

Tuesday, June 27, 2023 | June 27, 2023 WIB Last Updated 2023-06-27T00:47:19Z
Alexander Barus Chief Executive Officer (SEO) PT IMIP


Jakarta, 27 Juni 2023 - Salah satu wilayah yang memiliki kekayaan Sumber Daya Alam nikel yang berlimpah adalah di Pulau Sulawesi. Telah banyak perusahaan produsen nikel yang berdiri di Pulau Sulawesi, ada yang di Sulawesi Tengah, maupun Sulawesi Tenggara. 


Salah satu produsen nikel yang ada di Sulawesi tengah adalah PT Indonesia Morowali Industri Park (IMIP). Perusahaan IMIP ini dibangun di Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah. 


Pada tahun 2018, PT Indonesia Morowali Industrial Park mampu mengubah peta produsen nikel olahan di Indonesia, sehingga menggeser PT Vale Indonesia Tbk. Hal ini disebabkan karena PT IMIP telah menguasai separuh produksi nikel olahan di Indonesia.


Saat ini PT Indonesia Morowali Industrial Park dipimpin oleh Chief Executive Officer (CEO) bernama Alexander Barus. Alexander mengatakan kini ia sedang membangun pabrik khusus daur ulang (recycle) baterai Lithium di Morowali.


Ia akan menerapkan teknologi terbaru untuk pengolahan daur ulang baterai Lithium. Alexander Barus juga menerangkan bahwa apabila semuanya telah selesai dibangun, maka IMIP akan menjadi salah satu smelter nickel cobalt terbesar di dunia. Sekedar informasi bahwa Smelter Nikel adalah pabrik yang mengelola produk tambang nikel mentah berbentuk biji hingga menjadi bahan setengah jadi, yang biasanya berbentuk batangan.


Profil Alexander Barus

1. Perjalanan Karir

Alexander Barus merupakan seorang Warga Negara Indonesia (WNI) yang saat ini sedang menjabat sebagai Chief Executive Officer (CEO) dari perusahaan tambang nikel yang ada di sulawesi tengah. Perusahaan tersebut adalah PT Indonesia Morowali Industrial Park.


Alexander Barus menjabat sebagai Chief Executive Officer (SEO) PT IMIP sejak tahun 2015 hingga saat ini. Selain itu, Beliau juga memegang beberapa jabatan di berbagai perusahan. Diantaranya yaitu :


  1. Presiden Direktur PT Saka Dirgantara Energi
  2. Wakil Direktur Utama PT Bintang Delapan Mineral
  3. Komisaris Utama PT Gula Energi Nusantara
  4. Komisaris Utama PT Dwikarsa Sejahtera Abadi.


Selain beberapa jabatan yang Beliau pimpin. Sebelumnya Beliau juga pernah memegang Jabatan di berbagai perusahaan. Diantaranya yaitu :


  1. Direktur Utama PT Indomining
  2. Direktur Kimia - Industri Hulu di Kementerian Perindustrian
  3. Anggota tim pasokan gas di bawah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
  4. Atase Perdagangan di KBRI


Direktur Badan Pengembangan Teknologi Perindustrian & Perdagangan Kementerian Perindustrian & Perdagangan Indonesia


2. Pendidikan Alexander Barus


Alexander Barus memiliki gelar MBA di bidang Administrasi Bisnis, MA di bidang Ekonomi Moneter, dan PhD di bidang Keuangan, dari University of New Orleans, Amerika Serikat. Dari perjalanan pendidikan yang luar biasa tersebut mengantarkan Beliau hingga saat ini bisa menjadi sosok yang inspiratif bagi banyak orang.


Demikian penjelasan mengenai profil Alexander Barus. Semoga informasi ini bisa menginspirasi Anda semuanya untuk terus bekerja keras mencapai segala yang diimpikan.


ds/

×
Berita Terbaru Update