-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

HATI-HATI! Mafia Besi Tua Beredar di Morowali

Sunday, June 25, 2023 | June 25, 2023 WIB Last Updated 2023-06-25T11:46:35Z

Morowali, 25 Juni 2023 -"Mafia Besi Tua" telah terungkap di wilayah Morowali, Sulawesi Tengah. kejahatan mereka terkait dengan peredaran dan perdagangan barang-barang besi tua, yang diperoleh secara berbelit-belit dan melalui perantara perusahaan pengelolaan limbah yang menjadi wadah maraknya Mafia Besi Tua".


Penyelidikan yang dilakukan oleh team investigasi independen mengungkap skala operasi yang cukup besar. Kelompok ini terdiri dari anggota yang terampil dan berpengalaman dalam menyakinkan calon pembeli dan memperoleh besi tua dari berbagai sumber, termasuk pabrik-pabrik dan pembangunan konstruksi smelter yang sementara pembangunan di Morowali,  infrastruktur yang sedang dibangun.


Besi tua yang diperoleh oleh Mafia Besi Tua dari Berbagai kawasan perusahaan Wanxiang, IMIP,  kemudian dijual ke pihak ketiga dengan harga pasarnya. Selain itu, mereka juga diduga terlibat dalam penjualan yang sering berubah-ubah harga untuk menjebak calon pembeli agar pembeli mengeluarkan deposit atau panjar uang muka terlebih dahulu sebelum transaksi jual beli di lokasi yang di tujukan, inilah yang menjadi sumber utama pendapatan mereka.


Dalam kaitan nya ada beberapa PT (Perseroan terbatas) yang bergerak di bidang limbah dan penghijauan yang bermain dalam aksi para mafia mafia yang berkedok penjualan besi tua Scrap yang berada di kabupaten Morowali.


Menurut Kapolres Morowali, Komisaris, kegiatan Mafia Besi Tua telah merugikan banyak pihak, termasuk perusahaan dan pihak pembeli yang memiliki usaha besi tua (Scrap), para pembeli yang menjadi korban mafia, dan pembeli nasional serta pembeli daerah yang kehilangan kepercayaan dan kerugian materi dari sektor tersebut.


Pemerintah daerah Morowali menyatakan bahwa mereka akan memberikan dukungan penuh kepada aparat penegak hukum untuk memberantas Mafia Besi Tua dan menindak tegas pelaku kejahatan terkait. Langkah-langkah keamanan tambahan juga akan ditempatkan untuk mencegah tindakan kriminal serupa di masa depan.


Pasokan bahan baku industri besi dalam negeri masih kurang


Kasus ini menjadi peringatan bagi masyarakat dan pihak berwenang terkait pentingnya memperketat pengawasan terhadap peredaran besi tua. Langkah-langkah keamanan yang lebih kuat dan kerja sama yang erat antara pemerintah, pihak berwenang, dan masyarakat diharapkan dapat mencegah praktik kriminal semacam ini.


Daeng Limpo dalam hal ini pernah juga mengalami hal yang serupa dan bertransaksi di kawasan Wanxiang, beliau mengungkapkan bahwa "pernah kami melakukan pembelian besi tua Scrap dengan mekanisme deposit dan ternyata besi tua yang kami beli tidak cukup dari nilai deposit yang kami setor dan selanjutnya kami meminta kembali uang kami karena besi tua nya tidak cukup sampai sekarang mereka tidak bertanggung jawab atas hal tersebut", ungkap pengusaha besi tua yang tinggal di kabupaten takalar.


Pegiat Besi tua (Mediator) Karca bersama Buyer Akbar Adam, S.E Menghimbau untuk Hati hati atas kegiatan mencurigakan yang terkait dengan jual beli besi Scrap atau kejahatan yang di balut iming iming terkait penawaran dengan jumlah yang cukup besar karena perlu memvalidasi agar betul betul bisa di pertanggung jawabkan. Dengan kesadaran dan kerjasama yang baik, diharapkan Morowali dapat terbebas dari ancaman Mafia Besi Tua dan kejahatan serupa.


Doc/

×
Berita Terbaru Update